Muslim Salim Menu

Minggu, 20 Desember 2009

'Tanggal Merah' Muharam



"Setiap hari adalah Asyura. Setiap Bumi adalah Karbala. Pantang Hina !!!"


Bulan Muharam (Suro) telah datang. Sebagian orang menganggapnya sebagai bulan kemenangan seraya momentum berkirim pesan pendek berisi ucapan "Selamat Tahun Baru Hijriah", berpuasa dan menyantuni anak-anak yatim. Namun, tidak sedikit umat Islam di Indonesia dan negara lain meyakininya sebagai bulan duka seraya menganggap hari kesepuluhnya sebagai puncak kedukaan tersebut. Itulah 10 Muharam, yang akrab disebut dengan "Asyura".
Terdapat dua 'tanggal merah' pada bulan Muharam. Pertama adalah 'tanggal merah' nasional, yang dirayakan sebagai awal tahun baru Hijriah. Kedua adalah 'tanggal merah' (baca: berdarah) yang dikenal dengan Asyura, yaitu 10 Muharam.
Ternyata, 'tanggal merah' kategori kedua telah menjadi bagian dari budaya dan tradisi Indonesia, seperti di Jawa, Melayu, dan Maluku. Di Jawa, pada bulan Muharam, tetangga saling berkirim 'bubur Sura' atau 'jenang Suro', sebuah makanan khas Muharam dan Asyura, yang berwarna putih (kesucian) dan bertabur warna merah (kesyahidan). Sebagian orang Jawa melakukan meditasi untuk merenungi diri di tempat-tempat sakral, melakukan "lek-lekan" (begadang) hingga pagi hari di beberapa tempat yang dianggap sakral. Ada pula yang melaksanakan upacara Grebeg Suro.
Dan masih banyak lagi ritual-ritual peringatan momen berdarah ini.

Ada apa di tanggal 10 Muharam atau Asyura?
10 Muharram adalah tanggal monumental pembantaian Husain bin Ali bin Abi Thalib yang terjadi di Karbala sekitar 89 tahun sejak wafatnya Sang Nabi, Muhammad SAW. Sayang, sebagian besar umat Islam tidak lagi mengingatnya. 'Tanggal Merah' (peristiwa berdarah) pada 10 Muharam membuat fikiran manusia mana pun yang mengamati perjalanan hidup Husain bin Ali, yang dibantai bersama 73 anggota keluarga dan sahabatnya pada 10 Muharam, sudah pasti merasakan getaran cinta yang luar biasa dalam hatinya.
Bagi siapa pun, dari mazhab mana pun, dan pemeluk agama apa pun, Husain bin Ali adalah simbol dan inspirasi cinta keadilan. Karena itulah, Mahatma Gandhi menjadikannya sebagai ikon kemerdekaan dan kemanusiaan. "Saya belajar dari Husain cara meraih kemerdekaan.", katanya.
Cinta yang diperagakan dengan pengorbanan adalah cinta yang tidak bersyarat. Ia adalah spektrum nilai, yang tidak hanya melahirkan ketaatan dan pengabdian, tetapi juga menerbitkan api amarah dan kebencian terhadap rezim anti cinta. Ia stabil, lestari, dan tak terperikan.
Demi pembuktian cintanya pada 'Sang Cinta', dia rela meniadakan dirinya untuk menggapai puncak kesempurnaan cintanya. Ia bagai laron yang hangus karena terbakar cahaya yang dipujanya. Ia laksana semut yang tenggelam dalam samudera madu yang dicintainya.
Cinta sejati, kata Ibnu Arabi, "Hanya bisa dirasakan oleh peneguknya. Siapa pun, yang belum pernah merasakan seteguk saja air cinta, pasti belum pernah mengenalnya. Ketahuilah, cinta adalah minuman yang tak pernah memuaskan pecandunya." Husain melakukan sacrifice demi menyelamatkan cinta sejati. Cinta telah melahirkan semangat heroik menentang kezaliman.
Allah berfirman, "Maka hendaklah mereka tertawa sedikit dan menangis banyak. (9:82)". Berduka dan meratap tidaklah selalu bisa diasosiasikan dengan kelemahan dan pesimisme. Namun, sebagaimana diajarkan pula oleh Sidharta Gautama, duka dapat menjadi pemusnah Kesombongan dan Penuhanan Diri. Karena itulah, doa beriring rintih penyesalan akan dosa, yang dilantunkan seorang hamba dalam kesendirian, lebih terdengar merdu di langit.
Siapakah simbol cinta keadilan yang mesti dikenang pada 10 Muharam? Dengarlah sejenak untaian 'Puisi Merah' Muhammad Iqbal Lahori,
Di Ka'bah yang tinggi dan kisahnya
Beritakan limpahan darah di atas batu
Pelajarannya dimulai dari Ismail
Dan darah al-Husain akhir pelajaran

'Tanggal Merah' Asyura adalah momentum untuk menghayati cinta sejati. Cinta sejati itulah yang membuat Sang Martir, Husain bin Ali, memekik seraya mengangkat ke langit bayinya yang berlumur darah akibat panah yang menembus lehernya, "Ya Allah, terimalah pengorbanan kecil ini.".
Bulan Suro perlu dikenang demi merawat cinta kepada kebenaran sekaligus benci kezaliman. Tanpa cinta dan benci yang positif ini, perlawanan dan perjuangan hanyalah sederet aksara tak bermakna dan huruf-huruf yang mubazir. Inilah buhulan-buhulan iman yang harus terus terjuntai dengan erat dan indah (Al'urwatu-l wutsqa).
Pekikan "Pantang hina!" yang dikumandangkannya sejak lebih dari 1400 tahun tahun lalu di Sahara Nainawa telah meranggas dan memasuki lorong-lorong waktu serta mengiang lestari di sanubari setiap pejuang keadilan di seluruh penjuru bumi. Itulah cinta yang merah dalam kalbu yang putih, Harmoni Merah-Putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar