Muslim Salim Menu

Sabtu, 18 Desember 2010

Mudah Menulis Arab

Menuliskan huruf arab di Windows menggunakan MS Office Word baik itu MS Office Word 2003 ataupun MS Office Word 2007  tentunya tidak mudah karena tuts keyboard Arabic urutannya rancau tidak teratur dan tentunya menyulitkan kita bagi yang belum hafal letak huruf-hurufnya. Pada tulisan ini saya ingin membagikan info mengenai cara penulisan huruf arab di Windows dengan sangat mudah menggunakan Software tambahan yaitu Fontboard Arabic Keyboards.

Fontboard Arabic Keyboards adalah software yang memungkinkan kita untuk mengetik huruf Arab dari kanan ke kiri di Windows sesuai dengan Abjad huruf latinnya. Contoh pada saat kita pencet tombol a menjadi ا, b menjadi ب, d menjadi د , r menjadiر . Gimana, enak kan?
Kalau sobat berminat silahkan download di Sini atau di Sini dan tentunya gratis tisss…
Untuk intalasi dan cara menggunakannya di Windows 7 ikuti langkah-langkah berikut:

Buka Control Panel
1. Pilih Region and Language
2. (a) Pilih tab Administrative, (b) Klik Change system local
3. Pilih Arabic (Saudi Arabia), setelah itu computer akan melakukan Restart. Kemudian setelah restart, buka kembali Control Panel > Region and Language > diteruskan langkah nomor 4.
4. (a) Pilih tab Keyboard and Languages, (b) Klik Change keyboards…
5. (a) Pilih tab General, (b) Klik Add
6. (a) Pilih Arabic (Saudi Arabia) lalu klik Arabic ASDF Eastren, (b) Klik OK dan OK aja.
SELESAI, Silahkan buka Ms. Word, untuk mengatur pilihan bahasa, silahan pilih pada Language Bar di pojok kanan bawah, EN berarti tulisan latin, AR berarti tulisan bahasa arab.
NB:
Untuk melihat urutan atau aturan letak tulisan arab lihat pada penjelan softwarenya di Start - All Programs - Fontboard - Arabic ASDF Keyboard
Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat!

KETERANGAN GAMBAR










3 komentar: